Jumat, 17 Maret 2017

DAMPAK TRANSFER ESSIEN POSITIF ATAU NEGATIF?

DAMPAK TRANSFER ESSIEN POSITIF ATAU NEGATIF?

Beritasarana365 - Di hari ulang tahunnya ke-84, Persib Bandung memberikan kejutan kepada bobotoh dan para penggemar sepakbola di Indonesia. Berbagai isu transfer pemain kelas dunia yang akan menjadi pemain Persib telah membanjiri di berbagai halaman sosial media. Tidak heran, karena di satu sisi Persib sedang membutuhkan pemain asing sebagai bagian dari tim untuk menghadapi di Liga 1 Indonesia, di sisi lainnya, begitu menarik diikuti karena pemain kelas dunia manakah yang akan hadir di Kota Bandung.

Berbagai komentar silih berganti, ada yang pro dan kontra mengenai kehadiran Michael Essien yang lama berkelana di Eropa. Tentunya, membuat panas suasana transfer saat ini. Berbagai komentar muncul menunggu aksi dari sang pemain yang notabene sebagai pemain mahal di Indonesia. Mereka menantikan apa yang terjadi setelah ini, apa saja nilai yang didapat dengan mengorbankan uang yang tidak sedikit ini. Ini bukan hanya soal nantinya Essien bermain baik, banyak mencetak gol, dan membawa banyak piala. Lebih dari itu, kedatangan Essien memiliki dampak pada beberapa aspek.

Branding
Tidak ada yang meragukan nama besar Persib Bandung di kancah persepakbolaan Indonesia. Dukungan besar bobotoh, pemain terbaik, prestasi, dan manajemen yang professional menjadikan Persib menjadi klub terbesar dan menjadi inspirasi bagi klub lokal Indonesia lainnya. Namun, dengan datangnya pemain kelas dunia akan membuat Persib Bandung semakin meningkatkan nilai brand-nya. Proses branding ini dilakukan oleh manajemen Persib Bandung dengan baik. Datangnya Essien membuat tingkat kepercayaan kepada persepakbolaan Indonesia perlahan meningkat. Sedangkan bagi Persib Bandung yang sudah memiliki brand baik di Indonesia akan dapat naik kelas untuk memasuki kancah internasional.

Persib kini sedang meningkatkan brand-nya, dengan cara meningkatkan nilai dan tingkat kepercayaannya. Brand yang baik dan tim yang berprestasi tentu menarik bagi penanam modal. Sponsor semakin tertarik untuk ikut dalam persepakbolaan di Indonesia. TV yang selama ini gemar menayangkan Persib karena ratingnya yang tinggi, tentu akan semakin menjadi semangat dalam menayangkan siaran langsung Persib. Ketika bisnis sepakbola modern telah dimulai, kekuatan terpenting adalah kekeluargaan yang semakin kuat dari semua pihak; klub, pendukung, dan sponsor.

Strategi
Dalam kondisi ideal, kehadiran Essien dalam strategi mungkin akan menambah banyak variasi strategi. Bagaimana pemain yang pernah menjadi andalan di Chelsea ini dapat berperan penting di Persib. Kang Djanur bisa memaksimalkannya di berbagai posisi di lini tengah Persib. Teknik mumpuni dan kaya pengalaman dari Essien akan membantu Persib membangun serangan dan menahan terjangan lawan.

Jikalau memang Essien tidak dapat semaksimal seperti dirinya di Chelsea dulu, Essien tetap bisa membantu Kang Djanur dalam membaca, mengembangkan, dan memperkuat strategi yang selama ini digunakan. Dengan banyaknya pengalaman bergabung dan menghadapi banyak klub papan atas eropa, Essien secara mendalam telah mengenal berbagai strategi dalam sepakbola modern.

Transfer Ilmu
Satu hal yang terpenting dalam pembelian Persib di bursa transfer ini adalah transfer ilmu dari sang bintang. Usia Essien memang tidak di masa kejayaannya, namun pengalaman tersimpan mendalam dalam dirinya. Banyak ilmu yang secara sadar dan tidak sadar diperolehnya. Kalah menang, target besar, tekanan pertandingan kelas dunia, dilatih pelatih kaliber dunia, dan lainnya, semua ini dapat menjadi sumber ilmu bagi persepakbolaan di Indonesia, khususnya bagi tim kebanggaan warga Jawa Barat, Persib Bandung.

Selain itu, Essien tidak akan mengancam persaingan di lini tengah Persib. Karena hadirnya Essien akan menjadi pembelajaran penting bagi teman-teman bermainnya di Persib kelak. Rata-rata pemain tengah Persib masih muda, sehingga tidak perlu takut akan hadirnya Essien karena mereka semua masih memiliki banyak waktu untuk berkembang. Ini adalah peluang dalam satu tahun untuk meraih ilmu yang sangat banyak dengan langsung bermain dari sumber ilmunya. Tidak hanya melihatnya di video atau televisi, tapi bisa merasakan kontak langsung dengan bermain dan berdiskusi.

Banyak pemain dengan skill yang mumpuni, namun tidak memiliki visi bermain dan mental bertanding yang baik. Ini hal mendasar yang bisa ditularkan Essien kepada khususnya para penerus Persib. Tim utama dan generasi muda berkesempatan belajar bagaimana mengelola faktor lain saat bermain sepakbola. Pengalaman yang mungkin jarang di buku-buku teori, namun dapat menjadi kekuatan yang tak terlihat di lapangan.

Mimpi Anak-Anak
Begitu banyak anak-anak di Indonesia, khususnya Jawa Barat yang bermimpi bermain di Persib. Nama Atep, Hariono, Tony Sucipto, Vlado, Dedi, Febri, serta permain Persib lainnya begitu besar di kalangan anak-anak. Mereka mengidolakan banyak pemain Persib. Mereka bangga menggunakan jersey Persib dan bermain seperti idolanya. Impiannya adalah saat sudah besar nanti ingin bermain di Persib, klub terbesar di Indonesia.

Dengan datangnya Essien, dan jika datang pemain kelas dunia lainnya ke Persib akan ada pengaruhnya pada kepercayaan diri anak-anak pada mimpinya. Anak-anak memiliki mimpi yang semakin besar lagi, karena tim idolanya kini, semakin membanggakan. Mereka dapat melihat pemain kelas dunia lebih dekat, mereka dapat merasakan Persib yang terus bertumbuh dan berkembang. Mereka ingin ada di Persib Bandung, mereka ingin lebih baik bermain sepakbolanya. Mereka ingin mewujudkan mimpi-mimpinya.

Masa Depan
Nama Essien membawa harum Persib dan Indonesia, membuka pintu bagi pemain kelas dunia lainnya untuk mendengar. Investasi yang menjadikan bisnis sepakbola di Indonesia semakin menarik. Tentu dengan sponsor yang lebih banyak, dapat menjadi sumber untuk pembinaan usia muda yang lebih baik, pengelolaan klub yang lebih professional dan yang terpenting adalah majunya persepakbolaan Indonesia. Jadi, manfaatnya lebih banyak daripada kekurangannya. Semoga kesempatan besar ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Segala sesuatunya dipersiapkan dari hari ini, masa depan tidak ada yang tahu, namun Persib Bandung sedang menanam niat baiknya untuk menjadikan Persib dan Indonesia lebih baik lagi dalam sepakbolanya.

Selamat Ulang Tahun, Persib Bandung. Semoga juara dari berbagai aspeknya, prestasi tim, pengembangan usia muda, dukungan bobotoh, manajemen yang professional, dan menjadi kebanggaan Indonesia. Harapan terdekat, semoga Persib Bandung juara Liga 1 Indonesia.


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar